Perusahaan Multinasional (MNC) |
Adalah jenis khusus perusahaan internasional → perusahaan
yang yang terlibat dalam sembarang kombinasi aktivitas mulai dari mengekspor
atau mengimpor sampai pada skala penuh proses pemanufakturan di luar negeri.
MNC adalah pengembangan lebih jauh perusahaan internasional dengan keterlibatan
mencakup seluruh dunia dan manajemen serta pengambilan keputusannya mempunyai
perspektif global.
Karakteristik MNC oleh Dymza (1972)
1.
Pembuat keputusan selalu mempertimbangkan
kesempatan yang ada secara global
2.
Sejumlah aset MNC diiventasi secara
internasional
3.
Bergerak dalam produksi internasional dan
mengopersikan beberapa pabrik di beberapa negara
4.
Pengambilan keputusan manajerial didasarkan pada
perspektif yang meliputi seluruh dunia.
Karakteristik MNC oleh Michael J. Carbaugh
1.
MNCs disebutkan sebagai suatu perusahaan bisnis
yang beroperasi di dua atau lebih negara tujuan (host country) dimana perusahaan induk MNCs tadi berasal di negara
asal (home century)
2.
MNCs sering kali melakukan kegiatan research and development di negara
tujuan
3.
Sifat operasional perusahaan tadi adalah lintas
bata negara
4.
Adanya pemindahan modal yang ditandai dengan
arus investasi asing langsung
3 (tiga) keuntungan dengan masuknnya MNCs, yaitu
1.
Meningkatkan pendapatan nasional : dengan
haridnya MNCs di sebuah negara akan dapat menambah pundi-pundi kas negara.
Negara tentu dapat menetapkan pajak kepada MNCs yang sedang beroperasi di
negara tersebut.
2.
Penyerapan tenaga kerja : sudah tidak dapat
dipungkiri lagi hadirnya suatu MNCs akan menyerap tenaga kerja. Dengan
terserapnya tenaga kerja, jumlah pengangguran akan berkurang. Disisi lain
dengan terserapnya tenaga kerja di suatu negara, akan terjadi proses transfer
teknologi dan pengenalan sistem manajerial yang baru.
3.
Merangsang infustri lokal : dengan hadirnya MNCs
di suatu negara, ini akan merangsang industrilokal yang memasok bahan-bahan
produksi dari MNCs tersebut.
0 Comment:
Posting Komentar